Kliping

2 TKI Meninggal di Arab Saudi Akhirnya Dimakamkan

Author

CIREBON– Dua jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cirebon yang meninggal di Arab Saudi, akhirnya tiba di Tanah Air dan langsung dimakamkan di kampung halaman masing-masing.

Kedua TKI yang meninggal adalah Sopiah (40), warga Kudukeras, Kecamatan Babakan dan Nurjanah (35) warga Desa Kalimukti, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Kedua jenazah dibawa dengan ambulans milik Kementerian Tenaga Kerja dari Bandara Soekarno Hatta, Minggu (27/2/2011), dan langsung disambut isak tangis keluarga korban.

Sopiah meninggal pada 28 Januari lalu karena sakit, namun pihak keluarga baru diberi kabar duka tersebut sekira sepekan lalu.

Sementara Nurjanah meninggal sepekan lalu bisa lebih cepat diurus kepulangannya ke Tanah Air karena suami korban, Rokhman, juga bekerja di Arab Saudi. Rokhman proaktif mengurus kepulangan almarhumah istrinya.

Koordinator Forum Warga Buruh Migran Indonesia (FWBMI) Cirebon, Castra Aji Sarosa yang mengadvokasi kepulangan kedua jenazah mengaku lega dengan kedatangan dua jenazah tersebut. Pihaknya menyayangkan lamban dan rumitnya pemulangan jenazah.

Dia meminta agar pemerintah segera memperbaiki sistemketenagakerajaan yang berkaitan dengan TKI. “Kasihan keluarga korban yang harus menunggu jenazah hingga berbulan-bulan,” ujar Aji.

Menurut Aji, laamanya pemulangan jenazah dikarenakan prosedur administrasi yang harus ditempuh karena menyangkut hubungan lintas negara. “Tapi kalau tidak diurus waktunya bisa berbulan-bulan. Kasihan pihak keluarga yang menunggu,” sambung Aji.

Seperti diketahui, ribuan tenaga kerja indonesia (TKI) asal Kabupaten Cirebon yang ditempatkan di berbagai negara penempatan di Timur Tengah bermasalah.

Sebagain dari mereka pulang atau dipulangkan karena gaji tidak dibayar, depresi, menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual. Bahkan banyak di antara mereka yang meninggal dunia.

Sedikitnya ada lima TKI asal Kabupaten Cirebon yang meninggal di luar negeri sepanjang 2010 lalu. Satu di antaranya belum dipulangkan meski sudah meninggal lebih dari 1 bulan, yakni Dayi (25) asal Desa Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi. Dayi yang baru bekerja 3 bulan meninggal akibat sakit.

(ton)

Sumber: Okezone News (28/2/2011)

http://news.okezone.com/read/2011/02/28/340/429457/2-tki-meninggal-di-arab-saudi-akhirnya-dimakamkan

Tulisan ini ditandai dengan:Arab Saudi buruh migran cirebon tenaga kerja indonesia 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.