Kliping

Juni 2010, TKI Bebas Memilih Terminal Kedatangan

Author

Kedatangan TKI di Terminal 3 Cengkareng

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pertengahan Juni 2010 nanti akan membebaskan setiap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari negara penempatan untuk memilih terminal kedatangan.

“Kriterianya bukan dari kedatangan negara mana, tapi kesiapan apakah TKI mau jalur normal atau jalur khusus yang disediakan negara,” demikian pernyataan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar dalam rapat dengar pedapat di Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (6/5).

Sejak akhir Februari 2010 kementerian telah menguji coba pemulangan TKI melalui terminal kedatangan umum untuk negara penempatan Hong Kong dan Taiwan. “Ini pun kadang dijalankan kadang belum, tergantung kesiapan transportasi dan keamanan yang tersedia, tapi yang sudah berjalan, ya, berjalan baik” kata¬† Muhaimin.

Bagi negara kedatangan lain masih harus melalui terminal empat, Selapanjang, yang khusus mengantarkan TKI ke daerah asal dengan transportasi yang sudah disediakan penyelenggaran terminal.

Kini kementerian sedang menyelesaikan Rancangan Peraturan Menteri tentang proses kepulangan ini. Pasal-pasal yang akan diatur adalah batas waktu masa tunggu, standar pelayanan pengaduan, standar tempat transit, pengawasan Money Changer, dan Pengawasan harga tiket.

Sumber: Tempo Interaktif diunduh pada 27 Mei 2010 pukul 22.00

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.