(Bahasa Indonesia) Panduan Memperbarui Paspor Di Malaysia

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Ilustrasi Paspor Indonesia. Sumber : Wikipedia
Ilustrasi Paspor Indonesia. Sumber : Wikipedia

Paspor merupakan dokumen identitas yang diakui secara internasional dan diterbitkan oleh imigrasi negara asal seseorang. Selain visa atau izin tinggal di luar negeri, paspor juga menjadi dokumen paling penting bagi Warga Negara Indonesia (WNI) saat berada di luar negeri, termasuk juga Buruh Migran Indonesia (BMI).

Proses pembuatan paspor di Indonesia bisa dilakukan di Kantor Imigrasi manapun dan tidak harus di kabupaten atau provinsi asal. Misalnya seseorang yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara, bisa membuat paspor di Semarang dengan syarat seluruh kelengkapan dokumen terpenuhi. Lebih lanjut mengenai syarat, ketentuan, biaya, serta jenis paspor dapat diakses melalui website Imigrasi di http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa

Buruh migran yang telah habis masa berlaku paspor lima tahunnya dapat memperbarui paspor di kantor Imigrasi negara asal atau kantor KBRI/KJRI yang paling dekat dari tempat tinggal. Buruh migran yang tinggal di Kuala Lumpur bisa membuat paspor di KBRI. Buruh migran yang tinggal di Penang bisa membuatnya di KJRI Pulau Pinang. Sedangkan buruh migran yang tinggal di Johor bisa membuatnya di KJRI Johor.

Memperbarui paspor di Malaysia tak begitu sulit asalkan persyaratan lengkap serta sesuai prosedur. Pekerja migran yang memperpanjang paspor dapat memperoleh paspor setelah tiga kali kunjungan. Pada kunjungan pertama, pekerja migran di sektor domestik menyerahkan dokumen yang diperlukan meliputi: 2 lembar fotocopy paspor, 2 lembar fotocopy permit yang masih berlaku, 2 lembar fotocopy IC, 2 lembar fotocopy asuransi yang masih berlaku dan juga dokumen kontrak kerja.

Ada perbedaan syarat perpanjangan paspor antara pekerja migran yang bekerja di sektor domestik dan di sektor lain. Pekerja di sektor konstruksi tidak perlu membeli asuransi dan tanda tangan kontrak kerja karena secara otomatis sudah ada saat memperbarui permit.  Pekerja sektor konstruksi hanya perlu menambahkan surat keterangan dari majikan. Sedangkan untuk buruh migran di sektor domestik bisa membelinya di luar gedung KBRI. Sebelum mengambil antrian ada baiknya anda membeli terlebih dahulu asuransi dengan harga RM90 agar tidak bolak-balik mengantri.

Mengenai dokumen kontrak kerja, buruh migran akan mendapatkannya di konter pengambilan nomer antrian. Buruh migran perlu mengajak majikan, karena saat penyerahan dokumen, majikan akan diwawancara sekaligus tanda tangan kontrak kerja baru. Jika tidak ada majikan pasti dokumen akan ditolak. Jika majikan berhalangan hadir, bisa diwakilkan oleh saudara majikan maupun orang yang diberi kuasa untuk mewakili dengan membawa surat bukti kuasa.

Setelah dokumen masuk, pekerja migran akan diberi jadwal melakukan kunjungan kedua untuk wawancara, pengambilan gambar dan cap sidik jari. Proses pembuatan paspor yang awalnya hanya perlu 1-3 hari, kini berlangsung sekitar 2 minggu lebih lama untuk menunggu panggilan kedua. Sedangkan untuk kunjungan ketiga adalah pengambilan paspor.

Adapun harga-harga untuk pembuatan paspor baru adalah sebagai berikut, paspor 48 halaman dengan harga RM 102, paspor 24 halaman dengan harga RM 77. Jika pekerja migran tidak mau mengantri panjang, bisa memanfaatkan formulir antrian di website http://www.kbrikualalumpur.org/. Antrian tersebut hanya berlaku bagi BMI/TKI yang pernah memperbarui paspornya di KBRI Lumpur sebelumnya, jika baru pertama kali memerbarui tidak bisa.

13 komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Panduan Memperbarui Paspor Di Malaysia

  1. Asslmkum….sye nak brtnya…? Kpan kah majikan hrus ikut awal mula mendaftar ke..? Atau yg ke 2 dtang…tuk wawan cara…dan pengambilan pasport hrus kah majikan ikut hadir…

  2. Maaf..numpang tanya kalau sambung lembaran pasport di johor bahru,sedangkan KTP sudah tamat tempoh masa apakah masih bisa disambungkan?

  3. Assalam pak
    Sya mau buat splp
    Boleh apa tdk klau sya buat splp di KBRI pineng??
    Sya tinggal di ipoh,perak
    Sya mau ikut program B4G pak
    Mhon jwban nya pak
    Wassalam

  4. Saya di penampang sudah hampir 2 bulan sedangkan ijin di paspor saya hanya 30 hari, tapi saya masih harus disini selama 2 sampai 3 bulan kedepan, mohon bantuannya bagaimana caranya apakah saya harus perpanjang paspor saya? Terimakasih

  5. Salam,
    Pak minta maaf sebelumnya,saya Mau tanya persyaratan apa yang harus di bawa oleh majikan baru saya,jika saya mau memperpanjang passport saya,mohon di bantu ya pak, terima kasih.

  6. Salam nak tanya,,klaw pasport expired tahun depan tpi permit atas nama suami expired tahun ini apakah boleh buat renew pasport sebelum permit atas nama suami expired??
    Tolong reply

  7. Salam pak maaf mengganggu pak
    Na kn tanya klu nak sambung pasport tapi permit mati pasal kelalaian agent n agent ad urus surat esp ab boleh y pak

  8. Salam pak

    Nak tany klu nak continue pasport tapi permit mati atas kelalaian agent n agent lagi menguruskan surat esp so macam mana y pak …
    Klu leh tau dokumen dokumen ap aj yg harus dibawa

  9. Pak saya igin bertanya saya lari dari.kilang tapi paspor lagi hidup 8 bulan sekarang sidah ada majikan boleh tak buat paspor baru

  10. Sye nak tanya,Sye pernah buat passport baru Mase nak buat permit dulu,tpi kena tipu ejen pasport yg baru tu terus tidak di kembalikan,apakah Sye boleh buat passport baru lagi,tpi yg pasport dah hilang tu Sye tak ade buat foto copy,skrg yg ada hanya pasport lama yg sudah di gunting oleh pihak KBRI dulu,mohon di jawab sebab Sye mau mohon buat permit baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.