(Bahasa Indonesia) SBMI Indramayu Siap Perjuangkan Hak Informasi BMI

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Syamsul (tengah),anggota SBMI Indramayu saat mengikuti lokakarya KIP BMI
Syamsul (tengah),anggota SBMI Indramayu saat mengikuti lokakarya KIP BMI

Syamsul Hadi (31), delegasi Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Indramayu mengikuti Lokakarya Hasil Permintaan Informasi Publik (5-7/7/3013). Kegiatan yang diselenggarakan Infest Yogyakarta di Hotel LPP Garden Condong Catur, Sleman ini diikuti para pegiat buruh migran dari pelbagai daerah.

Lokakarya membahas dan mendiskusikan pemanfaatan hasil permintaan informasi publik yang dilakukan kepada badan publik terkait pelayanan BMI. Menurut Ari Sudjito, pegiat IRE Yogyakarta yang menjadi fasilitator lokakarya, data-data yang diperoleh dari badan publik melalui prosedur UU Keterbukaan Publik No 14 Tahun 2008 sebagai salah satu pendukung advokasi berbasis data.

“Data dan analisis menjadi kekuatan besar bagi buruh migran yang berguna dan akan menjadi pertimbangan penting pada saat mempengaruhi kebijakan strategis,” papar Ari Sudjipto.

DPC SBMI Indramayu akan ikut memanfaatkan UU KIP untuk meminta informasi publik terkait penanganan kasus BMI, pelayanan bagi BMI Indramayu, dan berbagai kebutuhan informasi lain yang belum bisa diakses langsung oleh BMI dan keluarga.

“Karena pentingnya informasi sebagai kebutuhan bagi buruh migran dan keluarga, khususnya meraka yang berada di wilayah kerja DPC SBMI Indramayu, maka kami berhak untuk meminta dan mendapatkan informasi dari badan publik yang terkait. Misalnya informasi tentang PPTKIS memiliki ijin rekrut di wilayah Indramayu.” papar Syamsul Hadi.

DPC SBMI Indramayu berharap pengetahuan tentang UU KIP bisa menjadi strategi baru untuk memperjuangkan hak-hak informasi bagi BMI dan keluargannya. Informasi yang valid diharapkan menjadi solusi untuk mengantisipasi informasi sesat dari calo atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.