Guidelines

Panduan Kepulangan untuk TKI ke Daerah Asal

Author

 

Bandara
ilustrasi (gakef.com)

Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pertamakali melakukan perjalanan pulang menuju kampung halaman dari negara tempat bekerja, ada baiknya anda memperhatikan petunjuk tata cara kepulangan dalam artikel ini.

Sebelumnya pihak agency dan majikan akan memberitahukan rencana kepulangan kepada anda dan meneruskannya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) selambat-lambatnya 1 bulan menjelang masa kontrak berakhir. Untuk tiket pesawat dan semua akomodasi ditanggung oleh majikan pengguna atau agen, tergantung dengan kesepakatan yang tertera dalam kontrak kerja.

Setelah kontrak selesai dan TKI tidak memiliki tanggungan pekerjaan terhadap agen dan majikan. TKI harus segera meninggalkan negara tempat bekerja selambat-lambatnya seminggu setelah kontrak habis. TKI kembali ke negara asal dan menuju kampung halaman masing-masing. Sebelumnya ada beberapa hal yang harus dilalui TKI sebelum tiba di kampung halaman.

Untuk keamanan TKI, jangan membawa perhiasan dan uang cash berlebihan ketika pulang. Lebih baik jika TKI mengirimkan sebagian besar uang hasil kerja dan hanya membawa uang secukupnya untuk biaya transportasi dan makan selama perjalanan.

Pertama, TKI tiba di Bandara Soekarno-Hatta melalui jalur khusus untuk TKI (terminal 2), hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Siapkan paspor, tiket dan boarding pass

  • mengisi formulir kedatangan didampingi oleh petugas BNP2TKI

  • menuju pos pemeriksaan paspor oleh petugas Imigrasi

  • menuju tempat pengambilan barang dan cocokkan label tanda bagasi dengan boarding pass

  • keluar melalui jalur khusus TKI yang telah disediakan dan menaiki bus yang membawa TKI menuju terminal 3

Kedua, TKI Sampai di terminal 3 menggunakan angkutan yang sudah disiapkan, kemudian TKI akan melalui proses pendataan dan beberapa wawancara. Siapkan paspor dan dokumen penting lainnya dan jika anda mengalami permasalahan misal gaji tidak dibayar, putus kontrak, terjadi penganiayaan atau pelecehan seksual,  anda bisa melaporkannya disini, terminal 3. Jika dirasa tidak ada permasalahan TKI bisa langsung pulang menuju kampung halaman. TKI masuk ke ruang tunggu khusus pemulangan dan menunggu panggilan.

Ketiga, TKI akan diantar pulang dengan angkutan yang khusus disediakan untuk TKI. Ketika anda sudah tiba di rumah, pastikan semua barang bawaan anda utuh, tidak ada yang tertinggal. Segera laporkan jika ada pungutan uang maupun masalah selama di terminal 2, terminal 3, dan  perjalanan menuju daerah asal kepada petugas atau halo TKI BNP2TKI di 0800 1000.

Tulisan ini ditandai dengan: BMI buruh migran Panduan Kepulangan tenaga kerja indonesia 

34 komentar untuk “Panduan Kepulangan untuk TKI ke Daerah Asal

      1. Maaf mau tanya pabila dari pertama sampai dengan saat ini dari April sampai Agus Tus baru dapat gajihan 1 kali. Karnakan kerja nya g menentu klw bulak balik kadang satu bulan di majikan 1 bulan di kantor apakah seharusnya dapat gajih ga yg tinggal 1 bulan nya di PT. Kenapa PT sarakoh g mau membayar nya tolong di bantu

  1. Sebaiknya khusus TKL&Suami istri apa bila hendak langsung keluar keterminal 2 jangan di persulit kami bisa jaga diri kok masa kami sama2 WNI Dilarang keluar dari terminal 2 gak ada salahnya,sebab pemulangann via terminal 3 pelayanannya bertele2 berbelit2,lambat klo ingin sampai ke rumah dari kedatangan di Bandara Soeta harus makan waktu seharu semalam ,lelah dah Pak klo gitu…mohon di pertimbangkan buat BNP2TKI.
    Terima kasih Pak….

  2. Sedangkan kalu langsung ke luar dari terminal 2 waktu yg di perlukan hanya 2 jam saja saya bisa sampai ke rumah(dengan Daerah tujuan Kab Karawang)Demi Allah Pak BNP2TKI ,kami bekerja di Saudi Arabia Sudah 5 Kali pulang kadang exit juga kadang Cuti saya merasa sangat kecewa kalau harus di Girirng ke terminal 3,memang Waiting Room terminal 3 Lumayan Baik cuman waktu pendataan perjalanan sangat lambat sekali….kami mohon sekali lagi jangan di gebuk rata dengan TKW (yg butuh perlindungan) ketika di perjalanan,juga perlu di ketahui Pak kami keluar ke terminal 2 di luar sana juga rombongan keluarga yg menjemput bukan naik taxi ….Tolong deh Pak Peraturan kepulangan TKI jangan terlalu Statis/Arogansi, Yg ujung2nya Pegawai Bandara soeta mengagngap kami sebelah mata bak Rombongan kambing Pyulang dari rantau sehingga kami sangat kecewa Pak …..

  3. Bapak Kantas Subagio, web ini tidak dikelola dibawah BNP2TKI. Website ini dikelola oleh Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) keluhan anda akan kami sampaikan. Termaksih sudah berkunjung

  4. maaf yg sblmy sy 2010 bln 4 plng cuti 1 mggu krn ayah sy meninggal dunia,sy cekal ama petugas bandara pasport dan tiket blk lg ke taiwan d ramps jg,yg bikin kesl lg tas rangselku sobek krn merput pasporku,tolong kmi sebgi tki harus bener2 mohon perlindungany krn sy trauma naik travel d tengah jln d mintain uang lg seblmy sy ucapkn thanks

  5. saya mau nanya apa yg harus di persiapkan keluarga untuk mempermudah proses penjemputan TKI dibandara?karena saya berencana menjemput ibu saya yg akan pulang akhir tahun 2012.

    1. Sejak tahun 2004, penjemputan TKI dari diterminal 3 dan sekarang menjadi nama terminal 4, tidak diperbolehkan di jemput keluarga, memang saat itu ada permasalahan sehingga penjemputan TKi di Bandara Internasional Soekarno Hatta oleh keluargan di stop. sehingga di persiapkan jasa angkutan pemulangan yang biasa disebut Travel.

      Namun ternyata, menggunakan jasa pemulangan travel juga banyak terjadi pemerasan oleh karena itu saran kami; bawalah kamera yg praktis atau rekaman untuk sebagai bukti kalau ada tindakan oknum pemerasan dan jangan lupa untuk mencatat nama yang bersangkutan, kalau bisa tanyakan sebagai apa orang tersebut.

  6. agus. @ menrt pengalaman saya,klo ingin menjemput adikanda dr abu dhabi lebih baik adik anda mendapatkan tiket langsung ke daerah tujuan anda.semisal bandung,surabaya,semarangmsolo dll..tp jgn yg dr Soekarno hatta..Misal lokasi anda dekat dengan bandung,,maka saran saya adik anda membeli tiket jurusan Dubai-Singapore-Bandung.dijamin aman dan g ribet g kayak klo kita turun di jakarta pasti kita di giring ke terminal 4 yg dimana itu sarang penyamun dan pemeras.Turun di bandung anda bisa menjemput adik anda langung stelah keluar dr imigrasi.smg berguna ,,salam sukses dr sukabumi

  7. Saya bln depan pulang ke indonesia jujur sya jdi tkut lok mendengar cerita teman yg pulang lewat bandara soekarno hatta , mka dri itu saya putuskan beli tiket yg langsung bandarlampung , tpi ternyata saya tetap turun di jakarta bru meneruskan ke bandar lampung….
    yg ingin saya tanyakan bagaimanakah proses y jika saya transit di jakarta mohon panduan y …trimaksih

  8. sudah engga jaman nya lagi cara seperti itu…..tki sekarang pulang mandiri bebas seperti penumpang biasa

  9. Numpang tanya bulan depan saya mau pulang ke indonesia apakah bisa di jemput lgsg sm kluarga di Bandara sukarno hatta,trus di terminal brapa tmpt penjemputannya?

  10. saya belum habis kontrak tapi saya sudah mengajukan pulang.apakah saya bisa cansel pengajuan nya?? tolong jelaskan..terimakasih

  11. Assalamualaikum,mba apakah saya bisa pulang ke Indonesia sebelum HBS kontrak saya g betah mba majikan selalu marah2,g pernah masak kl pagi,setiap minta gajih selalu d.undur kl bukan kita yg ngmg majikan diam aj g prnh ngajakin k bnk LBH dl

  12. Assalamualaikum,, saya mau menyampaikan keluhan,, mudah2n ada yg bantu untk beri solusi terbaik..
    Saya bekrja d Brunei baru 2 bln,, melalui jasa penyalur TKI, stelah pelaksanaan kerja ternyata saya ditempatkan oleh majikan di perusahaan bengkel automotif milik anaknya.
    Selama bekrja di bengkel semua pertanggung jawabn menjadi tanggung jawab anak nya yg dalam hal ini sebagai Bos bengkel tsb..
    Selama bekerja sering terjadi tindakn yg tsk menyenangkan.. Dari perkataan kasar sampai maki2 dan selalu mencari kesalahan saya tnpa ada permasalahn dan kesalahan yg jelas.. Saat itu sy sllu bersabar menahan rasa sakit dan kecewa, dikemudian hari sy mengalami kecelakaan kerja.. Tanpa ada pertolongan dari bos.. Justru sebaliknya malah menyalahkan dan me maki2 tanpa alasan yg jelas jg.. Tindakn saya tetap bersabar,, di minggu terakhir seblm sy melarikan diri.. ada tindakn kekerasan dri Bos yaitu akan melakukan pemukulan trhadp diri saya saat saya sdg melakukan aktivitas kerja sperti biasa.. krn merasa takut sy lari menyelamtkn diri dan berlindung di rumah teman,,
    Keadaan tsbt tanpa di ketahui oleh majikan. Karna faktor keamanan dan keselematan dri ancaman anaknya jika saya lapor majikn.. akhir sy siap pulang kampung dan siap mengembalikan uang biaya proses pemberangkatan..

    Kira2 klw uang bekas proses pemberangkatan di kembalikan ke majikan,, terus jika majikan tetap tidak memulangkan sy.. Gmn tindakn sy,,, apakah lapor ke KBRI?? mohon solusi nya saudara ku…

    1. ke 2.mendaptar kan WNI yang bekerja di rumasakit wiladah mekkah mukaromah.perminta’an atas nama
      no paspor : c3474764
      no hawiah : 2395788710
      dengan eXsit dari arab saudi keadaan sehat.
      atas nama klurga meminta bantuan kepada KJRI jeddah yang terhormat sekian dan terima ksih dari kami
      dengan nama pesawat apa aja. salam hormat KJRI jeddah semkain jaya.

      1. aslamu alaikum waraohmatulohiwabarokatuh.
        kami mendaptarkan WNI asal cinjur jawa barat.bekerja di arab saudi kota taif.orang ter sebut sudah di bukin kan eXsit nehai atas nama.SUPIYATIN BT SARBINI EJI
        no paspor.c3474776
        masa berlaku exsit d buat tngl.1buln.07.2020.ixfaer exsit tngl.30.08.2020

        1. asalamu alaikum warohmatulahowabarokatuh
          kami mendaptar kan WNI asal tangerang. bekerja d arb saudi kata taif.orang tersebut sudah d bikin kan exsit.nehai atas nama.MUNAWARAH SUKRI DANE.
          No paspor.c3474778
          Masa berlaku exsit d buat tgl.1bulan07.2020.exfaer exsit tlng.30.08.2020.

          1. Asalamu alaikum warohmatolohi wabarokatuh
            kami mendaptar kan WNI asal tangerang .bekerja d saudi di kota taif .orang tersebut sudah d bikin kan exsit nehai atas nama:ROHMAH BT MISKA ASWIH.
            No paspor.C3474777

          2. Asalamu Alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh
            kami medaptar kan WNI asal Lombokyang bekerja d arab saudi d kota taif .exsit Nehai ATAS Nama NURHAIDA.
            No.PASPOR.B8210543
            MASA BERLAKU Exsit d buat tgl 07.2020.exfaer exsit tnggl 30.08.2020.

  13. Admin kemana saya harus minta bantuan ibu saya tki di malaysia kontrak sudah habis dari tahun lalu tapi belum juga di pulangkan saya juga khawatir dengan ibu saya

  14. Pak ibu tolong saya ada di al baha Arab Saudi.. Blm hbs kontrak tp pgn pulang ke Indonesia.. Mohon bantuannya

  15. bagaimana cara agar adik saya yg bekerja di Daman Arab Saudi udah tiga bulan nggak bekerja dan di tampung di PT penampungan ingin pulang,hpnya udah di sita sama agent di sana sehingga komunikasi denganjarang.saya mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.