Panduan Kepulangan untuk TKI ke Daerah Asal

 

Bandara

ilustrasi (gakef.com)

Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pertamakali melakukan perjalanan pulang menuju kampung halaman dari negara tempat bekerja, ada baiknya anda memperhatikan petunjuk tata cara kepulangan dalam artikel ini.

Sebelumnya pihak agency dan majikan akan memberitahukan rencana kepulangan kepada anda dan meneruskannya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) selambat-lambatnya 1 bulan menjelang masa kontrak berakhir. Untuk tiket pesawat dan semua akomodasi ditanggung oleh majikan pengguna atau agen, tergantung dengan kesepakatan yang tertera dalam kontrak kerja.

Setelah kontrak selesai dan TKI tidak memiliki tanggungan pekerjaan terhadap agen dan majikan. TKI harus segera meninggalkan negara tempat bekerja selambat-lambatnya seminggu setelah kontrak habis. TKI kembali ke negara asal dan menuju kampung halaman masing-masing. Sebelumnya ada beberapa hal yang harus dilalui TKI sebelum tiba di kampung halaman.

Untuk keamanan TKI, jangan membawa perhiasan dan uang cash berlebihan ketika pulang. Lebih baik jika TKI mengirimkan sebagian besar uang hasil kerja dan hanya membawa uang secukupnya untuk biaya transportasi dan makan selama perjalanan.

Pertama, TKI tiba di Bandara Soekarno-Hatta melalui jalur khusus untuk TKI (terminal 2), hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Siapkan paspor, tiket dan boarding pass

  • mengisi formulir kedatangan didampingi oleh petugas BNP2TKI

  • menuju pos pemeriksaan paspor oleh petugas Imigrasi

  • menuju tempat pengambilan barang dan cocokkan label tanda bagasi dengan boarding pass

  • keluar melalui jalur khusus TKI yang telah disediakan dan menaiki bus yang membawa TKI menuju terminal 3

Kedua, TKI Sampai di terminal 3 menggunakan angkutan yang sudah disiapkan, kemudian TKI akan melalui proses pendataan dan beberapa wawancara. Siapkan paspor dan dokumen penting lainnya dan jika anda mengalami permasalahan misal gaji tidak dibayar, putus kontrak, terjadi penganiayaan atau pelecehan seksual,  anda bisa melaporkannya disini, terminal 3. Jika dirasa tidak ada permasalahan TKI bisa langsung pulang menuju kampung halaman. TKI masuk ke ruang tunggu khusus pemulangan dan menunggu panggilan.

Ketiga, TKI akan diantar pulang dengan angkutan yang khusus disediakan untuk TKI. Ketika anda sudah tiba di rumah, pastikan semua barang bawaan anda utuh, tidak ada yang tertinggal. Segera laporkan jika ada pungutan uang maupun masalah selama di terminal 2, terminal 3, dan  perjalanan menuju daerah asal kepada petugas atau halo TKI BNP2TKI di 0800 1000.

About Fika Murdiana Rachman

Salah satu pegiat Pusat Sumber Daya Buruh Migran I gemar jalan-jalan I suka belajar tentang internet dan teknologi I
This entry was posted in guiding for migrant workers and tagged , , , . Bookmark the permalink.
  • http://www.ecosocrights.blogspot.com Sri Palupi

    Bagaimana dengan ulah perusahaan kargo yg membobol kopor2 TKI dan mengambil isinya? Saya sdh laporkan ke BNP2TKI tapi tidak ada tindak lanjut

    • http://buruhmigran.or.id Redaksi

      Mbak Palupi, kami akan coba membantu keluhan anda. Kirim saja kronologi kejadian dan alamat kontak anda ke redaksi@buruhmigran.or.id . Terimakasih

  • kantas subagio

    Sebaiknya khusus TKL&Suami istri apa bila hendak langsung keluar keterminal 2 jangan di persulit kami bisa jaga diri kok masa kami sama2 WNI Dilarang keluar dari terminal 2 gak ada salahnya,sebab pemulangann via terminal 3 pelayanannya bertele2 berbelit2,lambat klo ingin sampai ke rumah dari kedatangan di Bandara Soeta harus makan waktu seharu semalam ,lelah dah Pak klo gitu…mohon di pertimbangkan buat BNP2TKI.
    Terima kasih Pak….

  • kantas subagio

    Sedangkan kalu langsung ke luar dari terminal 2 waktu yg di perlukan hanya 2 jam saja saya bisa sampai ke rumah(dengan Daerah tujuan Kab Karawang)Demi Allah Pak BNP2TKI ,kami bekerja di Saudi Arabia Sudah 5 Kali pulang kadang exit juga kadang Cuti saya merasa sangat kecewa kalau harus di Girirng ke terminal 3,memang Waiting Room terminal 3 Lumayan Baik cuman waktu pendataan perjalanan sangat lambat sekali….kami mohon sekali lagi jangan di gebuk rata dengan TKW (yg butuh perlindungan) ketika di perjalanan,juga perlu di ketahui Pak kami keluar ke terminal 2 di luar sana juga rombongan keluarga yg menjemput bukan naik taxi ….Tolong deh Pak Peraturan kepulangan TKI jangan terlalu Statis/Arogansi, Yg ujung2nya Pegawai Bandara soeta mengagngap kami sebelah mata bak Rombongan kambing Pyulang dari rantau sehingga kami sangat kecewa Pak …..

  • http://buruhmigran.or.id Redaksi

    Bapak Kantas Subagio, web ini tidak dikelola dibawah BNP2TKI. Website ini dikelola oleh Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) keluhan anda akan kami sampaikan. Termaksih sudah berkunjung

  • darsinih cuki

    maaf yg sblmy sy 2010 bln 4 plng cuti 1 mggu krn ayah sy meninggal dunia,sy cekal ama petugas bandara pasport dan tiket blk lg ke taiwan d ramps jg,yg bikin kesl lg tas rangselku sobek krn merput pasporku,tolong kmi sebgi tki harus bener2 mohon perlindungany krn sy trauma naik travel d tengah jln d mintain uang lg seblmy sy ucapkn thanks

  • annisa sabilillah

    saya mau nanya apa yg harus di persiapkan keluarga untuk mempermudah proses penjemputan TKI dibandara?karena saya berencana menjemput ibu saya yg akan pulang akhir tahun 2012.

    • admin

      Sejak tahun 2004, penjemputan TKI dari diterminal 3 dan sekarang menjadi nama terminal 4, tidak diperbolehkan di jemput keluarga, memang saat itu ada permasalahan sehingga penjemputan TKi di Bandara Internasional Soekarno Hatta oleh keluargan di stop. sehingga di persiapkan jasa angkutan pemulangan yang biasa disebut Travel.

      Namun ternyata, menggunakan jasa pemulangan travel juga banyak terjadi pemerasan oleh karena itu saran kami; bawalah kamera yg praktis atau rekaman untuk sebagai bukti kalau ada tindakan oknum pemerasan dan jangan lupa untuk mencatat nama yang bersangkutan, kalau bisa tanyakan sebagai apa orang tersebut.

  • agus

    adik sy mau pulang dari abudabi.tapi minta dijemput dibandara.harusnya gimana?tlg dibalas.

  • hari pratama

    agus. @ menrt pengalaman saya,klo ingin menjemput adikanda dr abu dhabi lebih baik adik anda mendapatkan tiket langsung ke daerah tujuan anda.semisal bandung,surabaya,semarangmsolo dll..tp jgn yg dr Soekarno hatta..Misal lokasi anda dekat dengan bandung,,maka saran saya adik anda membeli tiket jurusan Dubai-Singapore-Bandung.dijamin aman dan g ribet g kayak klo kita turun di jakarta pasti kita di giring ke terminal 4 yg dimana itu sarang penyamun dan pemeras.Turun di bandung anda bisa menjemput adik anda langung stelah keluar dr imigrasi.smg berguna ,,salam sukses dr sukabumi

  • Herleni

    Saya bln depan pulang ke indonesia jujur sya jdi tkut lok mendengar cerita teman yg pulang lewat bandara soekarno hatta , mka dri itu saya putuskan beli tiket yg langsung bandarlampung , tpi ternyata saya tetap turun di jakarta bru meneruskan ke bandar lampung….
    yg ingin saya tanyakan bagaimanakah proses y jika saya transit di jakarta mohon panduan y …trimaksih

  • Fia Amelia

    sudah engga jaman nya lagi cara seperti itu…..tki sekarang pulang mandiri bebas seperti penumpang biasa