Panduan

Tips Buruh Migran dalam Mencuci Baju

Author

Ilustrasi Mencuci Baju
Ilustrasi Mencuci Baju

Dari sekian banyak Buruh Migran Indonesia (BMI) yang baru datang ke Hong Kong, mereka sering sekali mendapat komplain salah satunya adalah soal mencuci baju majikan. Terlebih majikan yang bekerja kantoran, baju harus dicuci bersih dan disetrika sehalus mungkin. Mencuci baju di mesin cuci tidak boleh sembarangan memasukkan baju kotor dan menekan tombol ON, berikut ini beberapa tips mencuci baju agar buruh migran tidak mendapat komplain majikan :

1.Periksa kantong baju  atau celana

Periksa dulu semua kantong baju yang akan dicuci,  biasanya majikan memasukkan uang, pulpen, tusuk gigi, tisu atau benda lainnya dan lupa mengambil kembali saat melepas baju. Benda-benda seperti di atas bisa menyebabkan baju bertambah kotor dan mengotori baju lainnya, selain juga dapat merusak mesin cuci.

2.Pisahkan baju

Pisahkan baju sesuai bahan dan warna, misalnya katun, wol, linen dan sebagainya. Masukkan ke dalam kantung khusus untuk mesin cuci seperti bra, scarf, kaos kaki panjang, baju rajutan, kain wol agar tidak rusak.

3.Cuci noda terlebih dulu

Jika baju terkena noda makanan, sebelum dimasukkan ke mesin cuci sebaiknya noda dicuci terlebih dahulu dengan sabun dan disikat agar nodanya hilang. Sikat juga bagian kerah baju agar kotorannya hilang.

Demikianlah beberapa tips cara mencuci baju, semoga bermanfaat.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.