Kiprah

Memulai Usaha dengan Perencanaan

Author

Ilustrasi: BMI yang telah kembali ke tanah air, harus mampu memanajemen keuangannya sehingga bisa memiliki usaha dan tak harus kembali bekerja di luar negeri.
Ilustrasi: BMI yang telah kembali ke tanah air, harus mampu memanajemen keuangannya sehingga bisa memiliki usaha dan tak harus kembali bekerja di luar negeri.

Sebut saja namanya Tejo (45), seorang mantan TKI Korea Selatan yang kini menggeembangakan bisnis tepung tapioka sejak tahun 2002 di Gumelar, Banyumas. Usahanya sudah berkembang pesat karena ia menjalankan usahanya dengan tekun dan penuh kesabaran. Tejo bisa dikatakan sebagai orang sukses yang modalnya ia dapatkan dari luar negeri.

Kini Tejo menjadi seorang mantan buruh migran yang sukses dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak buruh migran yang ada di desanya, karena ia mampu mengembangkan usaha di negerinya sendiri. Selama ini banyak kita tahu buruh migran yang gulung tikar karena usaha yang di gelutinya gagal.

Inilah yang bisa menjadi perhatian bagi calon buruh migran agar nantinya bisa berhati- hati sewaktu kembali ke tanah air dan mendapatkan modal yang cukup untuk memulai usaha. Untuk memulai sebuah usaha harus punya perencanaan yang matang agar nantinya bisa berkembang tanpa harus mengalami sebuah kegagalan yang selama ini menimpa bagi banyak para mantan tki yang teleh pulang ke negerinya sendiri.

Tulisan ini ditandai dengan: gumelar banyumas mantan tki korea TKI Korea Selatan 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.