Berita

Dinsosnakertrans Banyumas: Butuh Cara Efektif Agar Info Migrasi Sampai ke Desa

Author

Nooryono, Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas(Kanan), saat berdiskusi dengan pegiat Seruni Banyumas
Nooryono, Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas(Kanan), saat berdiskusi dengan pegiat Seruni Banyumas

Nooryono, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Banyumas menyambut baik gagasan Paguyuban Peduli Buruh Migran dan Perempuan Seruni Banyumas terkait perlunya saluran informasi migrasi lebih efektif dan efisien. Hal ini disampaikan dalam diskusi dengan pegiat Seruni di ruangan Kepala Dinsosnakertrans Banyumas (19/6/2014).

“Kita butuh cara yang efektif dan efisien untuk sosialisasikan prosedur migrasi yang benar kepada masyarakat, cara lama berupa pertemuan sosialisasi harus diubah, di Banyumas ada 301 Desa, jika dalam setahun sosialisasi hanya bisa dilakukan di satu atau dua desa, lalu kapan selesainya?,” ungkap Nooryono.

Bersama Pegiat Pena Desa dan Infest Yogyakarta, Narsidah dari Seruni Banyumas menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi seperti email, website, dan media sosial sebagai saluran untuk menyebarkan informasi migrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bagi Dinsosnakertrans Banyumas.

“Kami mengusulkan adanya saluran informasi migrasi yang menghubungkan Dinsosnakertrans Banyumas dengan Pemerintah Desa, khususnya desa-desa basis buruh migran. Karena keterbatasan informasi, membuat Pemerintah Desa tidak bisa berperan banyak untuk melindungi warganya yang menjadi TKI, tidak jarang bahkan ada Kepala Desa yang menjadi calo TKI.” papar Narsidah.

“Jika ingin melibatkan peran Pemerintah Desa dalam melindungi TKI, maka mereka juga harus dibekali dengan berbagai informasi TKI dari pra hingga purna migrasi,” tambah Lili Purwani, pegiat Seruni Banyumas. 

Selain mendukung gagasan para pegiat Seruni Banyumas,  Nooryono, selaku Kepala Dinsosnakertrans berencana melibatkan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas guna mendiskusikan model saluran informasi migrasi yang paling efektif dan efisien.  

Satu komentar untuk “Dinsosnakertrans Banyumas: Butuh Cara Efektif Agar Info Migrasi Sampai ke Desa

  1. Smoga segera terealisasi, dalam wktu dekat ini Seruni akan minta dinsosnakertrans utk mengundang desa-desa yang akan terlibat dalam pembuatan saluran informasi BMI utk membahas hal2 tahnisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.