ATKI Vokal: Menyoroti Kebijakan Sistem Online Buruh Migran di Hongkong

ATKI Vokal adalah buletin bulanan yang dikelola oleh Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI) Hongkong. Edisi Desember 2012 ini menyajikan sorotan tentang sistem pendataan online yang diterapkan oleh Kedutaan Jendral Republik Indonesia (KJRI) untuk mendata buruh migran di Hongkong.

Sistem yang diklaim ideal oleh KJRI untuk perlindungan buruh migran Indonesia, ternyata menyisakan bagi buruh migran. Sistem online yang ditetapkan melalui Surat Edaran  No 2425 tertanggal 24 Oktober 2012 ini membuat TKI kehilangan kesempatan untuk berpindah perusahaan penyalur, bahkan pada kondisi buruh migran yang mengalami pemutusan kerja. Melalui sistem online ini, BMI tidak bisa pindah atau mencari agen baru yang lebih murah atau berbiaya kecil. Situasi ini semakin menjerat BMI dalam belitan hutang.

Baca selengkapnya buletin ATKI Vokal edisi Desember ini.

Muhammad Irsyadul Ibad

About Muhammad Irsyadul Ibad

Anggota redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran yang aktif mengelola pengetahuan di portal pewarta warga http://forumwarga.net dan http://buruhmigran.or.id. Aktif menulis esai, cerpen, puisi dan berita komunitas.
This entry was posted in Buletin. Bookmark the permalink.