Mengatasi “Homesick” di Perantauan Tempat Bekerja

No Konsultasi: 05

Pertanyaan:

Bapak atau Ibu

Saya baru kerja selama 4 bulan di Hong Kong dan belum pernah pisah dengan orang tua. Umur saya 22 tahun. semenjak ke Hong Kong, saya merasa tidak tenang. Kangen rumah dan orangtua. Saya jadi ndak betah padahal kontrak saya masih lama.

Minta saran caranya bagaimana supaya saya betah, bisa kerja tenang begitu.

Terima Kasih.

==============

Jawaban:

Salam sejahtera

Saudari Marsinah, bagi sebagian orang, hal yang Anda alami memang menjadi beban tersendiri. Apalagi bila mengingat  baru kali ini Anda berpisah dengan orang tua dan berada ditempat yang sangat jauh dari rumah. Ingatan terhadap orang tua, rumah dan hal lain di kampung halaman tentunya akan membuat rindu. Ini merupakan hal yang wajar.

Ada beberapa yang dapat dilakukan untuk merasa nyaman di tempat baru. Untuk mengobati rasa rindu kepada kampung halaman, Anda dapat menggunakan bantuan teknologi komunikasi saat ini. Anda tetap dapat berhubungan dengan keluarga dan orang-orang terdekat dengan menggunakan internet, telepon, sms, video call dan sebagainya.

Berpikirlah tentang hal-hal positif mengenai pekerjaan yang dijalani saat ini. Pahami dengan cermat hal yang menjadi tugas dalam bekerja. Dengan fokus pada pelaksanaan tugas, Anda juga dapat mengurangi kerinduan yang berlebihan terhadap kampung halaman.

Anda juga diharapkan dapat segera beradaptasi dengan lingkungan baru di perantauan. Mulailah dengan berpikir bahwa Hongkong adalah tempat bekerja sekaligus tempat tinggal yang nyaman. Kenali lingkungan sekitar dan yakinkan dirimu bahwa tempatmu bekerja adalah tempat yang menyenangkan dengan segala dinamikanya. Apabila memungkinkan, cobalah berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Perasaan menjadi bagian dari kehidupan sosial ditempat baru akan membantu untuk merasa diterima dan nyaman.

Cobalah menjalin hubungan dengan sesama perantau dari Indonesia. Berbincang dengan orang yang merasakan hal yang serupa denganmu selain untuk menjalin pertemanan juga dapat membantu meringankan rasa rindumu kepada keluarga dirumah.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan waktu luang atau libur yang ada dengan melakukan hal-hal rekreatif sesuai dengan kesenangan adik, misalnya membaca, berselancar di dunia maya ataupun dengan menuliskan kejadian yang dialami dalam agenda.

Demikian beberapa hal yang dapat adik lakukan untuk mengurangi beban perasaan rindu kepada kampung halaman.

Semoga bermanfaat.

==============

Annissa Fitriasri. S.Psi,. PSi

Psikolog di Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah

Muhammad Irsyadul Ibad

About Muhammad Irsyadul Ibad

Anggota redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran yang aktif mengelola pengetahuan di portal pewarta warga http://forumwarga.net dan http://buruhmigran.or.id. Aktif menulis esai, cerpen, puisi dan berita komunitas.
This entry was posted in Konsultasi Psikologi. Bookmark the permalink.
  • http://myteman.com/ social networking

    terimakasih banyak artikelnya, sangat membantu saya