Melibatkan Blogger Bicara Wirausaha TKI

Author

 

Ilustrasi kelola informasi TKI
Ilustrasi kelola informasi TKI

Berdasarkan data dari direktori blog salingsilang.com, hingga awal 2012, di Indonesia terdapat 5.334.904 blog, baik milik pribadi atau kelompok dengan jumlah artikel mencapai 4.015.560. Angka tersebut sangat fantastis sebagai sebuah fenomena perkembangan pengguna media media sosial di Indonesia. Fakta inilah yang membuat redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) tergerak membuat kontes blog untuk menyuarakan isu perlindungan buruh migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada 18 Mei 2012.

Kontes blog bertema “Solidaritas Blogger untuk TKI” tersebut diikuti sebanyak 74 blogger. Peserta atau blogger yang terlibat mengkampanyekan isu perlindungan TKI berasal dari pelbagai kalangan dari pelajar, mahasiswa, pekerja profesional, hingga TKI dari beberapa negara seperti Arab Saudi, Taiwan, dan Jepang.

Salah satu topik favorit yang dipilih blogger dalam kontes tersebut adalah gagasan wirausaha untuk mantan TKI. Hingga kontes ditutup, kurang lebih terdapat sebanyak 28 artikel bertema wirausaha mantan TKI. Selain mengurai gagasan wirausaha bagi mantan TKI, beberapa blogger juga memaparkan kisah-kisah TKI yang sukses berwirausaha, serta beberapa kajian mendalam seputar peluang usaha bagi mantan TKI.

Pemilik blog http://mbantoelpoenya.wordpress.com misalnya, mengurai secara rinci persoalan migrasi, gagasan mengubah paradigma buruh menjadi wirausaha, hingga pengetahuan praktis saat dan purna bekerja sebagai TKI. Catatan menarik juga dibuat oleh Maman Soleman, pemilik alamat blog http://maman-malmsteen.blogspot.com. Ia berkisah pengalamannya mengelola usaha warnet dari gaji sang istri yang bekerja di Malaysia. Ia pun menjelaskan beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan para mantan TKI, seperti rumah kontrakan, kost, warung makan, usaha bengkel, usaha warnet, usaha fotocopi, dan lain-lain.

Komunitas yang sekian besar jumlahnya harus mulai dilibatkan untuk mengarusutamakan berbagai informasi dan pengetahuan penting bagi Buruh Migran Indonesia. Komunitas blogger dapat mengambil peran untuk mendesak perbaikan kebijakan dan mempengaruhi cara pandang migrasi masyarakat Indonesia. Jika topik wirausaha TKI dan pengelolaan potensi ekonomi desa mampu untuk terus disuarakan komunitas Blogger, bukan tidak mungkin artikel mereka dapat mengispirasi perubahan di masyarakat, termasuk mempengaruhi cara pandang menjadi buruh untuk digeser menjadi cara pandang melahirkan entrpreneur.” tutur Fathulloh, pegiat PSDBM yang menjadi ketua Kontes Blog Solidaritas TKI.

Keterlibatan komunitas blogger untuk memperkaya gagasan wirausaha melalui beragam catatan adalah sebuah gerakan strategis. Bayangkan jika ada 1000 Blogger yang setiap bulan menulis artikel atau panduan bagi TKI, maka dalam 1 tahun akan ada 12.000 artikel berisi pengetahuan yang berguna bagi TKI. Meskipun hanya seperti sebuah mimpi, gerakan seperti itu bukan tidak mungkin untuk mampu diwujudkan.

Blogger juga dapat menjadi jembatan para mantan TKI untuk memperoleh pelbagai informasi dan pengetahuan tepat guna. Pada aspek yang lain tentunya kualitas artikel yang disajikan blogger juga harus diperhatikan. Artikel yang berisi pengetahuan praktis dan memotret fakta-fakta di masyarakat, akan berbeda dengan tulisan yang dibuat apa adanya dan hanya berisi kutipan dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kontes blog yang digelar PSD-BM hanyalah interaksi awal untuk mendekatkan dan mengajak komunitas blogger pada kerja memperkaya pengetahuan di Internet bagi TKI. Blogger sebagai sebuah komunitas besar di dunia maya harus terus dilibatkan membicarakan banyak hal tentang isu TKI. Model gerakan semacam ini diharapkan mampu membawa persoalan TKI sebagai persoalan bersama seluruh elemen bangsa.    

Tulisan ini ditandai dengan: Blogger TKI informasi TKI kelola informasi kontes Blog 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.