BMI Menikmati Malam Tahun Baru di Hong Kong

Author

Kembang api
kembang api pergantian tahun

Bagaimana  Buruh Migran Indonesia (BMI) menikmati malam tahun baru di Hong Kong? Beberapa teman yang saya telepon bercerita kalau malam tahun baru ada yang diajak majikannya untuk melihat pesta kembang di luar setelah makan malam usai. Ada juga yang sejak siang atau sore hari sudah keluar bersama seluruh anggota keluarga majikannya untuk  jalan-jalan sambil menunggu pergantian tahun. Ada juga beberapa teman BMI yang minta ijin ke majikan untuk keluar malam melihat pesta kembang api bersama dengan teman-teman BMI lain dengan alasan kalau bersama majikan kurang seru. Bahkan ada majikan yang sengaja menyuruh pekerjanya untuk melihat kembang api mumpung masih di Hong Kong.

Ditengah musim dingin dengan suhu berkisar antara 14-19 derajat celcius, ternyata tidak menyurutkan niat banyak orang untuk menghabiskan malam tahun baru di luar rumah, termasuk bagi BMI sendiri. Kebanyakan orang mungkin bermimpi ingin menikmati tahun baru di Hong Kong tapi belum kesampaian. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi BMI mumpung masih di Hong Kong dengan syarat harus mendapat ijin dari majikan tentunya. Kalau majikan baik, pasti memberi ijin dengan syarat harus pulang ke rumah setelah pesta usai, tapi ada juga yang menginap di rumah saudara yang sudah menjadi penduduk Hong Kong.

Tanggal 1 Januari menjadi hari libur nasional, para BMI kebanyakan bisa menghabiskan libur seharian di luar rumah. Sekedar jalan-jalan, makan-makan, atau berkumpul dengan kawan-kawan sesama BMI sampai malam, rata-rata mereka sudah harus masuk kembali ke rumah majikan sebelum jam 9 malam, tapi ada juga yang pukul 7 atau 8 sudah harus pulang, ada juga BMI yang pukul 10 malam lebih baru pulang, tergantung majikannya.

Lalu, bagaimana dengan para BMI di negara lain? Semoga mendapatkan kebebasan seperti kami yang di Hong Kong.

Selamat Tahun Baru 2012. Semoga peruntungan kita tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.