Tata Cara Keberangkatan dan Kedatangan di Negara Tujuan

Bandara

ilustrasi (gakef.com)

Bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) yang baru pertamakali ke luar negeri dan menggunakan transportasi udara menuju negara tujuan, jangan panik dan bingung bagaimana cara dan alur naik pesawat di Bandar Udara (Bandara). Berikut ini ada beberapa tata cara naik pesawat di bandara keberangkatan sampai di Bandara kedatangan negara tujuan.

  • di Bandara Keberangkatan
  1. Menuju loket check in, tunjukkan tiket perjalanan untuk mendapatkan boarding pass (kartu untuk naik pesawat yang akan ditumpangi)
  2. Mengisi kartu imigrasi yang tersedia di loket check in
  3. Setelah mendapatkan boarding pass dan mengisi kartu imigrasi, langsung saja menuju pintu imigrasi. Lalu tunjukkan boarding pas, paspor, visa kerja, dan dokumen penting lainnya.
  4. Langkah selanjutnya menuju gate (pintu) yang tercantum dalam boarding pass, tunggulah sampai mendengar panggilan untuk masuk pesawat di ruang tunggu yang tersedia.
  5. Kembali pastikan nomor penerbangan, jam keberangkatan, dan tempat duduk anda sudah sesuai dengan apa yang tercantum dalam boarding pass
  6. Sebelum tiba di Bandara negara tujuan, anda akan dibagikan debarkasi card (kartu kedatangan)
  7. Simpan baik-baik boarding pass, paspor, visa kerja dan dokumen penting lainnya dan jangan sampai hilang.
  • Transit

Jika dalam perjalanan menuju negara tujuan anda harus transit di Bandara tertentu, hal yang perlu anda perhatikan adalah

  1. Jam setempat untuk memastikan anda tepat waktu di gate pesawat lanjutan.
  2. perhatikan jam setempat, sesuaikan dengan jam keberangkatan, dan tentunya nomor pesawat lanjutan yang membawa anda ke negara tujuan.
  3. Jika masih bingung hubungi petugas Bandara setempat dan tunjukkan boarding pass yang anda peroleh sewaktu di Bandara keberangkatan.
  • Kedatangan di Bandara Negara Tujuan

Langkah-langkah berikutnya adalah

  1. Siapkan paspor, visa kerja dan debarkasi card untuk diproses oleh loket imigrasi
  2. BMI boleh meninggalkan Bandara setelah pihak imigrasi memperoleh berbagai konfirmasi dari negara bersangkutan
  3. BMI akan dijemput oleh agen atau perusahaan penyalur. Pastikan anda dijemput oleh agen yang merekrut anda untuk menghindari penyalahgunaan.
  4. Setelah BMI berada di negara tujuan segera laporkan keberadaan anda pada KBRI atau perwakilan RI terdekat dari tempat anda tinggal.

Sumber: buku panduan untuk TKI BNP2TKI

 

About Fika Murdiana Rachman

Salah satu pegiat Pusat Sumber Daya Buruh Migran I gemar jalan-jalan I suka belajar tentang internet dan teknologi I
This entry was posted in BMI and tagged , , , , . Bookmark the permalink.
  • Amalia

    Mba, mau tanya , untuk pengisian kartu imigrasi , jika transit , di tulis untuk berapa hari ya ? soalnya saya ke sing tapi melalui KL , dan harus keluar dari imigrasi
    mohon infonya ya

  • Pingback: Tips Aman Sebelum Menjadi TKI | Pusat Sumber Daya Buruh Migran()

  • fathur

    maaf, informasi diatas ga tralu jelas, saya mau ke australia, tapi saya transit dulu di singapur, nah informasi di transit itu masih membingungkan